Berita: PERTEMUAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN CARDIOVASCULAR

PERTEMUAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN CARDIOVASCULAR
28 November 2019

Kamis, 28 November 2019, telah diadakan pertemuan kegawatdaruratan cardiovascular. Yang bertempat di Aula Koperasi Bhakti Husada, Slawi, Kab. Tegal. Acara ini diikuti oleh 10 Puskesmas Rawat Inap dan 9 RS di wilayah Kabupaten Tegal. 

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hendadi Setiaji, M.Kes, kemudian dilanjut sambutan dan materi tentang " Sistem Penanggualangan gawatdarurat Jantung dan pembuluh darah " oleh Kabid YAN&SDK, dr. Isriyati, MM. Dan materi inti oleh Narasumber, dr. Erdiansyah Zulyadaini, Sp. JP. Dalam paparan materinya "STEMI focus on prehospital management", beliau menyampaikan bahwa tenaga medis harus mengerti apa yang dilakukan ketika terjadi serangan jantung. Dan puskesmas maupun Rumah Sakit yang menjadi Fasilitas pelayanan kesehatan, wajib memiliki kemampuan ini dan alat EKG/AED. 

Karena sampai saat ini, di Kabupaten Tegal, masih banyak terjadi kasus Cardiovascular yang mengalami Patient Delay/ sistem delay yang akhirnya tidak terolong, diakibatkan kurangnya pengetahuan masyarakat.